MENGENAL MS.EXEL
Ms.Exel merupakan program untuk mengolah angka yang meliputiperhitungan dasar, penggunaan fungsi-fungsi, pengolahan dan manajemen data.Selain itu exel juga dapat menyelesaikan lembaga atministratif mulai dari yangpaling sederhana tersebut misalnya membuat kebutuhan belanja barang yangmeliputi nama barang, jumlah barang dan perkiraan harga barang sampaipenggunaan formula untuk menemukan fungsinya.
Ø KOMPONEN-KOMPONENEXEL
1. OfficeButton
2. QuickAcces Toolbar
3. DocumentTitle
4. TabRibbon
5. Group
1. OfficeButton
Menu iniberisi barisan perintah standar untuk menjalankan exel. Misalnya membuatdocument baru (new), membuka dokumen lama (open), menyimpan (save), mencetak(print), atau mempublish dokumen yang sudah selesai di kerjakan.
2. QuickAcces Toolbar
Merupakantombol untuk mempercepat acces menuju perintah tertentu yang bisa di tambahkanmaupun di kurangi.
· LANGKAHUNTUK MENAMBAHKAN
® Klikcustumize, lalu klik more command kepada bagian custumize.
® Padapopular command, pilih tombol yang di inginkan, tambahkan misalnya, klik printpreview
® Klikadd
® Tampilantool yang di tambahkan muncul bagian forall document, klik ok.
® Sebaliknyalangkah untuk menghilangkan tool yang sudah terpasang, klik tool yang diinginkan, klik remove – klik ok
3. DocumentTitle
Merupakanjudul program dan dokumen aktif atau nama file yang di ikuti nama aplikasinyayang sedang di kerjakan.
4. TabRibbon
Merupakanderetan toolbar yang berisi beberapa group di mana masing – masing groupterdiri dari berbagai perintah yang sudah di kelompokan berdasarkan fungsinya.
5. Group
Berisibeberapa perintah yang sudah di kelompokan sesuai dengan fungsinya. Perintah –perintah tersebut di tandai dengan gambar (icon)
OPERASI DASAR EXEL
® Bekerjadengan worksheet ( di ibaratkan lembar kosong )
® Menambahworksheet ( klik kanan delete )
® Menggantinama worksheet ( klik kanan Rename)
® Memindahkanworksheet
® Menyalinworksheet
® Memproteksiworksheet
· Menyalinworksheet
1. Pilihworksheet yang akan di copy
2. Cekliscreate a copy
3. Klikok
· Memproteksiworksheet
1. Klikkanan worksheet yang akan di proteksi (misalnya, sheet 1) lalu klik protectsheet
2. Masukkankata sandi (password)
3. Centangkriteria apa saja yang masih di bolehkan untuk di ubah
4. Klikok
5. Masukkankembali password yang sama seperti sebelumnya
6. Klikok
· Memberiwarna tab worksheet
Caranya :Klik kanan pada sheet 1 > tab colour > pilih warna yang anda inginkan.Apabila tidak ada warna yang anda inginkan, klik more colour.
· Menyembunyikanworksheet
Caranya :Klik kanan pada tab worksheet yang ingin di sembunyikan lalu klik hide
· Menampilkankembali worksheet
1. Klikkanan salah satu tab worksheet yang ada lalu klik unhide
2. Pilihworksheet yang di tampilkan kembali
3. Klikok
· Menyeleksiworksheet
Dapat dilakukan dengan cara mengklik nama worksheetnya apabila menyeleksi lebih dari 1worksheet, klik salah satu worksheet lalu tekan shift atau ctrl dan pilihworksheet lainnya.
· NavigasiTab Worksheet
Tombol ** navigasitab worksheet yang letaknya di sebelah kiri tab **
® Tombolkeempat dari kiri akan menampilkan tab worksheet yang terakhir
® Tombolpertama atau paling kiri akan menampilakan kembali tab worksheet awal
® Tombolketiga dari kiri akan mengeserkan tab worksheet persatu worksheet
® Tombolkedua kiri akan mengeser
BEKERJAPADA SEL
1. Memindahpetun juk sel
2. Menyeleksibeberapa sel
3. Mengaturukuran sel
Ø Menggunakan mouse
Ø Menggunakan ukuran
Ø Menyesuaikan ukuran seldengan isinya
4. Menyisipkansel
5. Menghapus sel
6. Memberi garis pada sel
7. Mengaturwarna pada sel
8. Memberi komentar pada sel
9. Mengatur gridline danborder
Worksheet merupakan kumpulan garis-Garis fertikal danhorinzontal yang satu sama lainnya membentuk kotak-kotak, di namakan sel-selyang sedang aktif dapat di lihat dalam name box. Sel-sel ini mempunyai ukuranstandar yang bisa di ubah-ubah sesuai ukuran kita.
Identitas aktif dapat di lihat pada kolom nama selyang sekaligus sebagai penanda posisi dari sesuai dengan aturan penulisanidentitas kolomnya (huruf ALFABET) terlebih dahulu, kemudian di ikuti denganidentitas barisnya(ANGKA). Misanya Q30, berarti sel berada pada kolom Q dan bariske 30.
“MEMINDAHPETUNJUK SEL”
Untuk menyeleksi suatu sel, atau memindahkanpetunjuk sel dapat di lakukan dengan mengklik sel yang di inginkan menggunakanmouse atau tanda panah pada keyboard
- Tandapanah pada keyboard (¬®¯) untuk memindahkan petunjuk sel kiri, atas,kanan, bawah sel.
- Ctrl+ ®untuk memindahkan petunjuk sel ke kolom terakhir yang ada di worksheet.
- Ctrl+ ¯untuk memindahkan petunjuk sel ke baris terakhir yang ada di worksheet.
Aplikasimenggunakan keyboard, kita dapat melakukan dengan tombol-tombol lain berikutini
Panahkiri pindahsatu sel ke kiri
Panahatas pindahsatu sel ke atas
Panahkanan / Tab pindahsatu sel ke kanan
Panahbawah / Enter pindahsatu sel ke bawah
PageUp menggulungworksheet ke atas
PageDown menggulungworksheet ke bawah
Home menujuke kolom paling kiri ( kolom A )
Ctrl+ Home
Ctrl+ End pindahk'posisi sel terakhir yg sdang digunakan
Alt+ Page Up menggulungworksheet ke kiri
Alt+ Page Down menggulungworksheet ke kanan
Ctrl+ Spasi menyeleksisatu kolom
Shift+ Page Down menyeleksibeberapa sel dlm 1kolom
“MENYELEKSIBEBERAPA SEL”
Caranyatempatkan mouse pointer pada kotak nama baris / kolom hingga berubah menjadibentuk anak panah,kemudian klik-tahan dan seret untuk menyeleksi beberapa baris/ kolom sekaligus. Baris / kolom yang telah terseleksi akan di tunjukanjumlahnya pada baris / kolom terakhir yang akan diseleksi.
“MENGATURUKURAN SEL”
Selainukuran yang sudah disediakan oleh excel,kita juga dapat melakukan pengaturankembali sesuai dengan kebutuhan yang diinginkan.
“MENGGUNAKANMOUSE”
Meletakanmouse pointer pada sisi kanan atas kotak nama sel,jika untuk melebarkan kolomsedangkan untuk mengatur tinggi sel dengan meletakkan mouse pointer pada sisibawah atas kotak nama sel kemudian klik-tahan, dan geser sesuai dengan yangdiinginkan, setelah mouse pointer berubah menjadi anak panah.
“MENGGUNAKANUKURAN”
Caranya:
1. Seleksi kolom yang akandiubah ukurannya
2. Pilih Ribbon home
3. Klik Format
4. Klik Column Width
5. Ketik Ukurannya
6. Klik Ok
Untukmembuat baris, pada ikon format, pilih row height.
“MENYESUAIKANUKURAN SEL DENGAN ISINYA”
Ukuran asli pada excel kecil apabilamemasukan teks yang panjang tidak akan cukup untuk ukmuran sel defaultnyamisalnya, kita akan mengubah ukuran kolom secara otomatis.
Caranya:
1. Seleksi kolom yang akandirubah
2. Klik format pada RibbonHome
3. Klik autofit column height
“MENYISIPKANSEL”
Caranya:
1. Aktifkan sel yang akandihapus (sel merah)
2. Pada Ribbon Home, kliktanda segitiga insert yang terdapat pada group cells
3. Klik insert cells
4. Pilih opsi yang disediakan
5. Klik ok
“MENGHAPUSSEL”
Caranya:
1. Aktifkan sel yang akandihapus (sel merah)
2. Pada Ribbon Home, kliktanda segitiga delete yang terdapat pada group cells
3. Klik delete cells
4. Pilih shift cells up
5. Klik ok
“MEMBERIGARIS PADA SEL”
Caranya:
1. Seleksi sel yang ingindiberikan garis terlebih dahulu
2. Klik Ribbon Home
3. Klik tanda anak panahribbon
4. Pilih garis yang andainginkan
“MEMBERIWARNA PADA SEL”
Caranya:
1. Pilih sel yang ingin kitawarnai
2. Klik Ribbon Home, laluklik tanda panah fill color
3. Pilih warna yangdiinginkan
“MEMBERIKOMENTAR PADA SEL”
Caranya:
1. Klik kanan sel yang akandiberi komentar
2. Klik insert comment
3. Ketik komentar pada kotakyang muncul
“MENGEDITKEMBALI KOMENTAR PADA SEL”
Caranya:
1. Klik kanan pada sel yangsudah diberi komentar
2. Klik Ribbon Home, laluklik tanda panah fill color
3. Pilih warna yang kitainginkan
“MENGATURGRIDLINE & BORDER”
Caranya:
1. Klik Ribbon View
2. Hilangkan ceklis padaGridlines
MEMASUKKANDAN MENGATUR DATA
“MEMASUKKAN& MENGATUR DATA”
Databisa berupa bahan – bahan keterangan, baik berupa teks maupun angka yang akandimasukkan kedalam sel. Hal yang harus diperhatikan, ketika memasukkan datakedalam sel tidak boleh ada kesalahan. Sebab apabila data yang salah masuk,exel akan memberikan pesan kesalahan (error).
“MEMASUKKAN& MENGHAPUS DATA”
Caranya,cukup klik salah satu sel dilanjutkan dengan mengetik teks/angka yangdiinginkan. Setelah selesai, tekan enter, sel yang aktif akan berpindah dibawahteks/angka yang baru saja ditulis. Apabila kita tidak menginginkan perpindahansel secara otomatis menuju kebawah tekan tombol Tab. Jika data yang dimasukansalah, untuk menghapus cukup kik sel yang akan dihapus kemudian tekan tombolDelete dikeyboard atau klik kanan sel lalu klik Delete.
“MENGATURHURUF (FONT)”
Untukmengubah huruf dapat dilakukan pada group font yang terdapat pada Ribbon Home.Caranya :
1. Seleksi sel yang akandiubah hurufnya
2. Pilih jenis huruf
3. Pilih ukuran
4. Pilih style
“PERATAAN(ALIGMENT)”
Dalammelakukan perataan teks, kita dapat menggabungkan beberapa peralatan sekaligusdengan batas maksimal 2 tombol yang aktif.
Ket;
1. Top align, rata atas(berada dibagian atas sel)
2. Middle align, rata tengah(berada di posisi tengah secara vertical)
3. Bottom align, rata bawah(berada dibagian bawah sel)
4. Align text left, rata kiri(berada dikiri sel)
5. Center, rata tengah(berada diposisi tengah secara horizontal)
6. Align text right, ratakanan (berada dikanan sel)
“MENGATURBORDER”
Caranya:
1. Seleksi sel yang akandiberikan border
2. Klik tanda panah formatcells aligment
3. Klik tab border
4. Pilih style
5. Klik border yangdiinginkan, misalnya diagonal
6. Klik ok
“MENGATURBARIS DAN KOLOM”
Membutuhkanpengaturan sendiri sel yang ada, apabiladata yang masuk semakin banyak agar dapat dikelolah dengan baik semuapengaturan baris dan kolom berada pada group cells ribbon home.
“MENYEMBUNYIKANBARIS DAN KOLOM”
Caranya:
1. Seleksi baris / kolom yangdisembunyikan
2. Klik kanan lalu pilih hide
3. Untuk menampilkan kembalibaris / kolom yang telah disembunyikan, seleksi pada kotak nama baris/kolomyang mengapit baris/kolom yang telah disembunyikan sebelumnya kemudian klikkanan mouse, lalu pilih unhide pada menu yang muncul.
“MEMBEKUKANBARIS DAN KOLOM”
Caranya:
1. Pilih sel A5, karena kitaakan membekukan baris judul yang terletak diatasnya
2. Klik view
3. Klik freeze panes
4. Gulung scroll ke bawah
5. Untuk mengembalikanbaris/kolom yang dibekukan, klik tombol infreeze panes pada menu freeze panes
“MENGGABUNGKANBEBERAPA SEL”
Caranya:
1. Seleksi sel yang akandigabungkan
2. Klik tombol merge &celler di group aligment
“MENGATURORIENTASI TEKS”
Caranya:
1. Seleksi teks yang akandiubah orientasinya
2. Klik icon orientation
3. Pilih arah yang diinginkan
“MENGATURWRAP TEKS”
WrapTeks Berfungsi menampung teks yang panjang dalam sel.
Caranya:
1. Pilih sel yang kitainginkan
2. Klik icon wrap teks
“MENGATURWARNA”
Caranya:
1. Seleksi sel yang akandiberi warna
2. Klik icon fill color
3. Pilih warna yang andainginkan
“MENGOLAHANGKA”
Caranya:
1. Klik start > controlpanel > date,time,language and regional options
2. Pilih bahasa Indonesia
3. Klik ok
“MEMBERIPROTEKSI”
Caranya:
1. Seleksi sel yang akandiproteksi
2. Klik kanan lalu klikFormat cells
3. Klik tab protection
4. Ceklis Lock
5. Klik ok
KESIMPULAN
§ Microsoft exel adalahprogram pengolah angka yang sering digunakan untuk melakukan perhitungan –perhitungan angka.
§ Adapun rumus yang dapatkita pakai dalam menjalankan Ms.Exel antara lain;
SUM, AVERAGE, MAX, MIN, IF, LEFT, RIGHT, UPPER,PROPER, LOWER, MID, LEN.
§ KOMPONEN-KOMPONENEXEL ;
o OfficeButton
o QuickAcces Toolbar
o DocumentTitle
o TabRibbon
o Group
§ OPERASIDASAR EXEL
o Bekerjadengan worksheet ( di ibaratkan lembar kosong )
o Menambahworksheet ( klik kanan delete )
o Menggantinama worksheet ( klik kanan Rename)
o Memindahkanworksheet
o Menyalinworksheet
o Memproteksiworksheet
§ BEKERJA PADA SEL
Memindah petun juk sel
Menyeleksi beberapa sel
Mengatur ukuran sel
o Menggunakanmouse
o Menggunakanukuran
o Menyesuaikanukuran sel dengan isinya
Menyisipkan sel
Menghapussel
Memberigaris pada sel
Mengatur warna pada sel
Memberikomentar pada sel
Mengaturgridline dan border
4.2. SARAN
Sekiranya dikemudian hari ringkasan dari modul dancatatan ms exel ini dapat berguna bagi mahasiswa dan dosen dalam menguasaims.exel 2007.
DAFTARPUSTAKA
ü Buku Panduan Cepatmengetahui Microsoft Office 2007, materi Microsoft Exel 2007,
ü Modul Praktikum Ms.ExelSTMIK AMIK Parna Raya
ü Website www.google.com
0 komentar:
Posting Komentar